1 Mei 2015 | Kegiatan Statistik
1.1 Latar Belakang
Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) adalah survei yang tujuan utamanya mengestimasi jumlah penduduk dan indikator demografi diantara dua waktu sensus penduduk. Badan Pusat Statistik (BPS) telah empat kali melakukan SUPAS, yaitu tahun 1976, 1985, 1995 dan 2005. SUPAS2015 merupakan SUPAS yang kelima yang dilaksanakan BPS.
SUPAS mengumpulkan data kependudukan yang mencakup: keterangan pokok penduduk, lansia, kelahiran, kematian, kematian ibu, perpindahan penduduk, ketenagakerjaan, perumahan dan keadaan tempat tinggal. Pada SUPAS2015, ditambahkan informasi mengenai: migrasi keluar internasional, perubahan iklim, dan disabilitas.
Kegiatan SUPAS2015 telah dimulai sejak tahun 2013 yaitu dengan rangkaian persiapan penyusunan kuesioner dan buku petunjuk teknis. Kuesioner dan buku petunjuk teknis tersebut telah disusun melalui berbagai diskusi dan workshop, dengan mempertimbangkan masukan dari para pengguna data dan pakar kependudukan. Pada tahun 2014 telah dilakukan uji coba SUPAS2015 di tiga provinsi, yaitu: Provinsi Sumatera Barat (Kota Padang); Provinsi DI Yogyakarta (Kabupaten Bantul); dan Provinsi Sulawesi Utara (Kota Manado).
Uji coba SUPAS2015 menerapkan seluruh tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan pada SUPAS2015. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menguji rancangan prosedur, tata kerja dan organisasi lapangan, rekrutmen petugas, kuesioner, menyempurnakan rancangan buku petunjuk teknis, program pengolahan data dan berbagai aspek administratif.
Hasil kegiatan uji coba SUPAS2015 dievaluasi dan menjadi bahan yang dibawa pada rangkaian diskusi, workshop, dan seminar yang dihadiri oleh para pengguna data serta pakar kependudukan, untuk menyempurnakan metodologi, kuesioner, buku petunjuk teknis, pengolahan, serta diseminasi hasil SUPAS2015. Puncak kegiatan SUPAS2015 dilakukan pada Mei tahun 2015 yaitu dilaksanakannya pemutakhiran rumah tangga dan pencacahan rumah tangga sampel secara lengkap untuk seluruh wilayah sampel yang tersebar di Indonesia.
1.2 Tujuan SUPAS2015
SUPAS2015 bertujuan untuk:
1. Memperkirakan jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk.
2. Menyediakan data untuk penghitungan parameter fertilitas, meliputi angka kelahiran total (TFR), angka kelahiran kasar (CBR), rasio ibu-anak (CWR), angka kelahiran menurut kelompok umur (ASFR), dll.
3. Menyediakan data untuk penghitungan parameter migrasi, meliputi migrasi semasa hidup, migrasi risen, migrasi internasional, dll.
4. Menyediakan data untuk penghitungan parameter mortalitas, meliputi angka kematian kasar (CDR), angka kematian bayi (IMR), angka kematian balita (U5MR), dan angka kematian ibu (MMRatio).
5. Memperbaharui proyeksi penduduk yang telah disusun sebelumnya.
6. Menyediakan data yang dapat digunakan untuk perencanaan dan evaluasi berbagai program pemerintah.
1.3 Cakupan Wilayah
SUPAS2015 dilaksanakan di seluruh Indonesia. Jumlah sampel yang dicakup adalah 40.750 blok sensus (BS) dengan jumlah rumah tangga sampel sebanyak 652.000.
1.4 Cara Pencacahan
Pencacahan penduduk pada kegiatan SUPAS2015 dilakukan dengan cara de jure dan de facto. Konsep de jure digunakan untuk mencatat seseorang biasanya menetap/bertempat tinggal (usual residence). Penduduk yang bertempat tinggal tetap dicacah dimana mereka biasanya bertempat tinggal. Penduduk yang sedang bepergian 6 bulan atau lebih, atau yang telah berada pada suatu tempat tinggal selama 6 bulan atau lebih, dicacah dimana mereka tinggal pada saat pencacahan. Penduduk yang menempati rumah kontrak/sewa (tahunan/bulanan) dianggap sebagai penduduk yang bertempat tinggal tetap. Konsep de facto digunakan untuk mencatat penduduk dimana ditemui saat pencacahan (tadi malam menginap).
1.5 Jadwal Pelaksanaan Kegiatan
Jadwal kegiatan SUPAS2015 menyangkut persiapan, pelaksanaan dan pengolahan adalah sebagai berikut :
1.5.1 Persiapan
1. Seminar Hasil Ujicoba.................................................................................................... Oktober 2014
2. Rapat Interdep/Expert Meeting............................................... November - Desember 2014
3. Rapat Koordinasi................................................................................ Januari - Desember 2015
4. Pencetakan Dokumen SUPAS2015 ......... Februari 2015
1.5.2 Pelaksanaan Lapangan
1. Rekrutmen Petugas ......... Februari - Maret 2015
2. Workshop Instruktur Utama........................................................................ Februari 2015
3. Sosialisasi ..... Maret 2015
4. Pelatihan Instruktur Nasional .................................................................... Maret - April 2015
5. Pelatihan Petugas Lapangan .................................................................... April 2015
6. Pelaksanaan Lapangan ............. Mei 2015
1.5.3 Pengolahan
1. Pengolahan data (entry, validasi, dan tabulasi) Mei - Juli 2015
2. Penyusunan Publikasi Penduduk Indonesia September - Oktober 2015
3. Seminar Hasil SUPAS2015 November 2015
4. Pencetakan Publikasi Penduduk Indonesia November 2015
5. Estimasi Parameter Demografi Januari - November 2016
6. Penyusunan Profil Penduduk Hasil SUPAS2015 Januari – November 2016
7. Estimasi Angka Kematian Ibu Januari - November 2016
8. Proyeksi Penduduk Hasil SUPAS2015 Januari - November 2017
9. Analisis Determinan Hasil SUPAS2015 Januari - November 2017
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Barat Daya (Statistics Aceh Barat Daya Regency)Jl. Bukit Hijau
Komplek Perkantoran Abdya
Kecamatan Blangpiidie
Kabupaten Aceh Barat Daya 23764; E-mail: pst1112@bps.go.id; Telp: (0659) 93179
Tentang Kami